Mantan gubernur negara bagian Jalisco di Meksiko yang dilanda kartel ditembak mati di resor pantai

Jackpot hari ini Result Sidney 2020 – 2021.

MEXICO CITY (REUTERS) – Mantan gubernur negara bagian Jalisco di Meksiko ditembak mati pada hari Jumat (18 Desember) di kamar mandi restoran di kota pantai Puerto Vallarta, salah satu pembunuhan politik paling ternama sejak Meksiko memulai. " War on Drugs" -nya pada tarikh 2006.

Pejabat negara bagian Jalisco mengatakan Aristoteles Sandoval ditembak di punggung sebab penyerang tak dikenal saat aparat keamanannya berada di luar. Pokok tembak meletus saat pengawalnya berangkat memindahkan Sandoval ke rumah melempem.

Meksiko cukup berjuang untuk menjinakkan kekerasan yang mengamuk di seluruh negeri, secara Jalisco salah satu pusat perang golongan internecine yang tahun lalu memajukan pembunuhan ke tingkat tertinggi sepanjang masa dengan 34. 670 pembunuhan tercatat.

Masa jabatan Mr Sandoval 2013-18 sebagai gubernur dibayangi oleh Jalisco New Generation Cartel (CJNG), dengan bangkit dari ketidakjelasan menjadi salah satu yang paling kuat di Meksiko, meninggalkan jejak kematian dan pembangkangan di belakangnya.

Hari ini CJNG bersaing dengan Kartel Sinaloa dari gembong Joaquin " El Chapo" Guzman dengan dipenjara untuk menguasai sebagian tinggi perdagangan obat bius di Meksiko dan juga ke Amerika Konsorsium.

Jaksa Istimewa Jalisco Gerardo Octavio Solis mengutarakan Sandoval yang berusia 46 tahun telah bersama tiga orang yang lain di restoran itu dan ditembak mati sekitar pukul 1. 40 waktu setempat setelah pergi ke kamar mandi.

Sandoval memiliki 15 pengawal yang ditugaskan kepadanya, kata pendahuluan para pejabat, meskipun laporan jalan lokal menunjukkan sekitar setengahnya medium bertugas.

Mr Solis mengatakan kepada radio Meksiko bahwa seorang pengawal terluka berat dalam baku tembak.

Jaksa Agung mengatakan restoran itu telah " memanipulasi" TKP, membersihkan sidik jari dan mengambil kamera keamanan dalam upaya " untuk menghindari keadilan". Dia mengutarakan penyelidik yakin delapan hingga 10 tersangka adalah bagian dari gempuran itu, tetapi tidak menunjukkan siapa yang bertanggung jawab. Seorang penguasa federal mengatakan pihak berwenang mencurigai keterlibatan CJNG.

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador menyampaikan belasungkawa dan berjanji untuk membawa para pelaku ke pengadilan.

Meskipun pembunuhan politik level rendah tidak jarang terjadi dalam Meksiko, jarang ada tokoh kuat tingkat gubernur yang terbunuh.

Pembunuhan Sandoval prospek akan meningkatkan ketegangan menjelang pemilihan paruh waktu yang dijadwalkan di dalam 6 Juni 2021. Dengan pembunuhannya, kartel Jalisco akan membuat gamang kelas politik di negara bagian itu, kata para analis.

" Mereka membentuk reputasi ini sehingga mereka sanggup membunuh politisi papan atas di tingkat negara bagian jika diperlukan, " kata Eduardo Guerrero, seorang analis keamanan dari Lantia Consultores.


Petugas polisi menggembala TKP di Puerto Vallarta, Meksiko pada 17 Desember 2020. FOTO: REUTERS

Masa jabatan Sandoval pada Jalisco dimulai dengan awal berbakat, dengan menteri pariwisata ditembak lebur di ibu kota negara arah Guadalajara oleh tersangka pria bersenjata CJNG hanya seminggu setelah tempat menjabat.

Bertambah banyak pembunuhan dan bentrokan dengan pasukan keamanan menyusul.

Pihak berwenang mengatakan kelompok itu membeli ribuan polisi karena secara bertahap memperluas jangkauannya ke seluruh Meksiko.

Pembunuhan Sandoval mungkin dimaksudkan sebagai peringatan bagi penggantinya, Gubernur Enrique Alfaro, yang telah memerangi kartel Jalisco.

" Pesannya adalah: Menyerah atau bernegosiasi dengan kartel Generasi Baru Jalisco, atau Anda akan mengalami kadar yang sama seperti Sandoval, " tambah analis Guerrero.

Related Posts